Senin, 23 Juni 2014

diigital forensik

diigital forensik itu turunan dari disiplin ilmu teknologi informasi (information technology/IT) di ilmu komputer, terutama dari ilmu IT security. Kata forensik itu sendiri secara umum artinya membawa ke pengadilan. Digital forensik atau kadang disebut komputer forensik yaitu ilmu yang menganalisa barang bukti digital sehingga dapat dipertanggungjawabkan
Apa saja yang termasuk barang bukti digital forensic adalah Semua barang bukti digital (any digital evidence) termasuk handphone, notebook, server, alat teknologi apapun yang mempunyai tempat sebagaai media penyimpanan informasi  dan data yang bisa dianalisa.
Ilmu ini harus benar-benar bisa dipertanggungjawabkan, tidak hanya di laporan saja tapi juga di pengadilan. Di Indonesia ahlinya masih sangat jarang karena mungkin tidak terlalu banyak orang IT yang aware di bidang ini. Yang kedua, mungkin masih banyak orang IT yang takut bila ini dikaitkan dengan hukum.
Ada beberapa tahap, yang utama adalah setelah menerima barang bukti digital harus dilakukan proses acquiring, imaging atau bahasa umumnya kloning yaitu mengkopi secara presisi 1 banding 1 sama persis. Misalnya ada hard disc A kita mau kloning ke hard disc B, maka hard disc itu 1:1 persis sama isinya seperti hard disc A walaupun di hard disc A sudah tersembunyi ataupun sudah dihapus (delete). Semuanya masuk ke hard disc B. Dari hasil kloning tersebut barulah seorang digital forensik melakukan analisanya. Analisa tidak boleh dilakukan dari barang bukti digital yang asli karena takut mengubah barang bukti. Kalau kita bekerja melakukan kesalahan di hard disk kloning maka kita bisa ulang lagi dari yang aslinya. Jadi kita tidak melakukan analisa dari barang bukti asli. Itu yang jarang orang tahu.
Kedua, menganalisa isi data terutama yang sudah terhapus, tersembunyi, terenkripsi, dan history internet seseorang yang tidak bisa dilihat oleh umum. Misalnya, apa saja situs yang telah dilihat seorang teroris, kemana saja mengirim email, dan lain-lain. Bisa juga untuk mencari dokumen yang sangat penting sebagai barang bukti di pengadilan. Jadi digital forensik sangat penting sekarang. Menurut saya, semua kasus perlu analisa digital forensik karena semua orang sudah memiliki digital device,
ilmu digital forensik itu turunan dari IT security. Jadi bisa dikatakan orang yang sudah terjun di IT security maka mau tidak mau harus mengetahui secara general seluruh ilmu IT. Itu karena untuk menjaga keamanan IT-nya maka dia harus tahu detailnya.
Kasus artis Alda, yang dibunuh di sebuah hotel di Jakarta Timur. Saya menganalisa video CCTV yang terekam di sebuah server. Server itu memiliki hard disc. Saya memeriksanya untuk mengetahui siapa yang datang dan ke luar hotel. Sayangnya, saat itu awareness terhadap digital forensik dapat dikatakan belum ada sama sekali. Jadi pada hari kedua setelah kejadian pembunuhan, saya ditelepon untuk diminta bantuan menangani digital forensik. Sayangnya, kepolisian tidak mempersiapkan barang bukti yang asli dengan baik. Barang bukti itu seharusnya dikarantina sejak awal, dapat diserahkan kepada saya bisa kapan saja asalkan sudah dikarantina. Dua minggu setelah peristiwa alat tersebut diserahkan kepada saya, tapi saat saya periksa alat tersebut ternyata sejak hari kedua kejadian sampai saya terima masih berjalan merekam. Akhirnya tertimpalah data yang penting karena CCTV di masing-masing tempat/hotel berbeda settingnya. Akibat tidak aware, barang bukti pertama tertimpa sehingga tidak berhasil diambil datanya. Ketika sudah aware maka mereka tidak menganalisa barang bukti sembarangan sehingga nantinya tidak dibantah di pengadilan.
Digital forensik bisa dimanfaatkan untuk ruang lingkup yang lebih luas. Tak hanya untuk ‘membedah’ isi komputer dan ponsel, namun juga untuk melacak lalu lintas rekening bankseperti di kasus Bank Century. sekarang ini keahlian untuk menganalisa barang bukti digital secara ilmiah dan bisa dipertanggung jawabkan di depan hukum masih sangat jarang dimiliki, nah bagaimana mempelajari digital forensik ini? ada banyak tutorial di internet tentang hal ini, berikut beberapa cara mempelajarinya dan menjadi ahli dibidang digital forensik:
  1. mempelajari mengambil sertifikat computer forensik seperti CISSP, CISM, CISA, or CCSP. ada banyak ebook dan video training yang bisa di download gratis diinternet.
  2. membaca paper dan panduan di http://www.e-evidence.info/thiefs_page.html
  3. jika anda tidak punya waktu mengambil training, ada tutorial video dengan instruktur profesional sehingga anda dapat belajar dengan menonton nya di rumah, contoh nya: Career Academy Advanced Digital Forensic Techniques, anda dapat mendownloadnya gratis disini
selain tutorial ada pula tools yang sering digunakan untuk keperluan forensik digital yaitu:
  1. Acquisition Tools diantaranya adalah forensic Acquisition Utilities, FTimes ,.liveview , netcat, ProDiscover DFT  ,psloggedon , TULP2G ,UnxUtils
    ,Webjob.
  2. Media Management Analysis Tools seperti TestDisk, Explore2fs ,ProDiscover DFT
  3. Application Analysis Tools seperti Event Log Parser, Galleta , MD5summer , Outport Pasco,RegRipper
Sumber :

www.gunadarma.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar